RENAISANS

Sejak awal abad XIV,renaisans telah mengubah pemikiran masyarakat dunia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.Renaisans merupakan periode baru bagi kehidupan masyarakat Eropa dan dunia.Sebelum munculnya renaisans,masyarakat Eropa hidup pada periode yang di sebut abad pertengahan(The Middle Age).Abad pertengahan di sebut juga abad kegelapan(The Dark Age).
Arsitektur Italia masa Renaisans

Pengertian Renaisans
Renaisans berasal dari bahasa latin,re yang berarti kembali dan naitre yang berarti lahir.Istilah ini dalam bahasa perancis di kenal dengan renaissance yang berarti kelahiran kembali.Sementara menurut kamus besar bahasa Indonesia renaisans merupakan masa peralihan dari abad pertengahan ke abad modern yang terjadi di Eropa pada abad XIV-XVII.Peralihan ini di tandai dengan lahirnya kreasi baru pada sastra klasik,berkembangnya sastra baru,serta tumbuhnya ilmu pengetahuan modern yang di ilhami kebudayaan Yunani dan Romawi.
Renaisansan,merupakan masa kebebasan,kesadaran,keberanian dan kecerdasan yang luar biasa.Pada periode renaisans merupakan periode ketika manusia menuntut dan menghendaki kebebasan sebesar-besarnya,sehingga masyarakat berpegang pada semboyan sapere aude yang berarti "berpikirlah sendiri" 
Latar Belakang Renaisans 
Pada abad pertengahan(XIV) berkembang keyakinan bahwa kehidupan manusia pada hakikatnya sudah di tentukan Tuhan.Oleh karena itu,tujuan hidup manusia adalah mencari keselamatan.
Faktor pendorong munculnya renaisans antara lain kemajuan pesat dalam bidang perdagangan dan pelayaran,serta munculnya golongan humanis.Golongan humanis menentang berbagai pembatasan yang di tetapkan pemerintah atas saran pihak gereja.
Munculnya renaisans pada abad XV berawal dari ketertarikan kembali masyarakat Eropa pada filsafat dan kebudayaan Yunani serta Romawi kuno.Para pemikir Eropa pada masa itu menemukan bahwa berbagai filsafat kuno mampu menjawab sejumlah pertanyaan yang tidak terjawab oleh pihak gereja.Dalam perkembangannya,pemikiran ini melahirkan Humanisme yaitu paham yang menganggap bahwa manusia berhak dan bertanggung jawab atas pilihan hidup mereka.
Masyarakat renaisans menganggap kebudayaan Yunani dan Romawi kuno lebih menghargai perbedaan pemikiran,oleh karena itu mereka tertarik untuk membangkitkan kembali kebudayaan Romawi dan Yunani Kuno.
Perkembangan Renaisans
Pada periode perkembangan renaisans muncul penemuan-penemuan baru di bidang seni,satra,dan ilmu pengetahuan.Beberapa kota di Italia menjadi pelopor pemikiran mencerahkan yang menyelamatkan kehidupan manusia dari zaman kegelapan.Kota-kota tersebut antara lain:Florence,Venesia,Roma,Milan,Urbino,dan Ferrara.Kota-kota ini di kuasai oleh keluarga-keluarga pedagang kaya yang muncul sejak akhir abad pertengahan.
Keluarga terkuat di Italia pada masa Renaisans adalah keluarga de Medici dari Florence,di bawah kekuasaan keluarga de Medici,Florence menjadi salah satu kota makmur dan indah di Italia,selain itu Florence juga muncul sebagai pusat perdagangan dan perbankan utama di Eropa.
Venesia yang merupakan salah satu kota pelopor Renaisans

Renaisans mencapai puncaknya pada abad ke-XVI,puncaknya di kota-kota seperti Venesia(Italia),Florence(italia),Antewep(belgia),dan Harleem(Belanda).Renaisans mendorong negara-negara Eropa seperti Spanyol,Portugis,Inggris,Dan Belanda melakukan penjelajahan samudra.Tujuan penjelajahan Samudra adalah menemukan daerah perdagangan baru serta mengembangkan pelayaran.
Kota Florence pusat perdagangan dan perbankan pada masa Renaisans

Pengaruh Renaisans 

  1. Pengaruh Renaisans Bagi Dunia,Renaisans mempengaruhi filsafat,kesenian,ilmu pengetahuan,intelektual,arsitektur,dan seni patung.Dengan kemampuan intelektualnya,manusia mampu menemukan dan menghasilkan berbagai hal baru di bidangnya masing-masing.Renaisans menyebabkan orang mulai menemukan dirinya sendiri,yang merupakan kekuatan yang mendorong kreativitas.Renaisans juga mendorong berkembangnya kesenian,serta mendorong terjadinya modernisasi dalam berbagai aspek kehidupan.
    Lukisan yang berkembang masa Renaisans
  2. Pengaruh Renaisans Bagi Masyarakat Indonesia,Secara tidak langsung Renaisans telah menghubungkan belahan dunia Barat dengan dunia Timur melalui penjelajahan samudra.Pada awalnya tujuan bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra adalah membangun jalur perdagangan baru dengan India dan Timur jauh.Pada periode ini dunia Timur di kenal sebagai penghasil rempah-rempah.Dalam perkembangannya bangsa Barat yang datang di Indonesia berupaya menerapkan praktik Kolonialisme.Meskipun demikian,hanya bangsa Belanda yang mampu menjalankan kolonialisme di Indonesia dalam periode cukup panjang.   
Arsitektur Indis(perpaduan arsitektur Eropa dan Arsitektur lokal Indonesia)

Comments

Popular posts from this blog

Reformasi Gereja

Peradaban Mesopotamia

PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA