Manusia Purba Masa Perundagian

Sahabat Suka_Sejarah, ketika kita mendengar tentang manusia purba bisa di bilang imajinasi kita membayangkan kehidupan mereka layaknya binatang.Dalam artikel ini kita akan membahas salah satu masa dalam kehidupan manusia purba pada masa perundagian atau zaman logam merupakan masa ketika manusia mengenal pengelolaan logam.Pada masa ini manusia sudah menggunakan berbagai peralatan yang terbuat dari logam.Manusia Indonesia pada masa praaksara hanya mengenal logam jenis perunggu sehingga zaman logam di Indonesia juga disebut zaman perunggu.
Ilustrasi Zaman Perundagian

Kehidupan Sosial Budaya

Sahabat Suka_Sejarah, nah pada masa perundagian di perkirakan manusia sudah mengenal sistem pembagian kerja.Pembagian kerja dapat dilihat dari pengerjaan barang-barang dari logam.Pengerjaan barang-barang dari logam membutuhkan keahlian khusus,karena tidak semua orang mampu membuat peralatan logam.Selain mengenal sistem pembagian kerja,masyarakat pada masa perundagian mengenal pelapisan sosial.Benda-benda logam dapat di jadikan sebagi simbol status sosial.
Pada masa perundagian sistem kemasyarakatan sudah teratur.masyarakat di pedesan membentuk kelompok yang lebih besar dengan penguasaan terhadap sebuah wilayah.Mereka menggabungkan desa-desa kecil untuk di kembangkan menjadi kelompok sosial yang besar.Kelompok masyarakat di pimpin oleh seorang kepala suku terpandang yang bergelar datu atau datuk.

Kehidupan Ekonomi

Kegiatan ekonomi masyarakat perundagian sudah kompleks.Sektor pertanian yang di kembangkan oleh masyarakat pada masa ini sudah maju,sebagian  besar masyarakat pada masa perundagian telah meninggalkan sistem berhuma dan beralih ke sistem pertanian lahan basah atau persawahan.
Gambar pertanian dengan Irigasi

Selain sektor pertanian,kegiatan di sektor pertukangan dan perdagangan mengalami perkembangan.Keberadaan golongan Undagi(tukang) menyebabkan kegiatan perdagangan berkembang pesat.Benda-benda logam dan gerabah yang di hasilkan oleh golongan undagi merupakan komoditas perdagangan bernilai tinggi.Benda-benda tersebut di butuhkan oleh banyak orang sebagai alat pertanian,perkakas rumah tangga,dan simbol status sosial.

Perkembangan Teknologi

Sahabat Suka_Sejarah, manusia pada masa perundagian sudah mulai mengembangkan teknologi,perkembangan teknologi masa perundagian di tandai dengan penguasaan teknik pengelolaan logam.Benda-benda logam di buat dengan menggunakan dua teknik percetakan,yaitu bivalve dan a cire perdue.Teknik Bivalve di sebut juga tehnik setangkup karena menggunakan dua keping cetakan yang terbuat dari batu.Teknik Bivalve di gunakan untuk mencetak benda-benda sederhana dan tidak memiliki bagian-bagian menonjol.
Teknik Bivalve

Sementara teknik a cire perdue di sebut teknik cetak lilin karena model dari tanah liat yang akan di cetak di lapisi oleh lilin.Teknik acire perdue di gunakan untuk membuat benda-benda perunggu yang memiliki bentuk dan hiasan rumit,seperti arca dan patung perunggu.Bagaimana dengan kita Sahabat Suka_Sejarah, teknologi apa yang sudah kita kembangkan sebagai generasi Milenial
Teknik a cire perdue

Sahabat Suka_Sejarah, Manusia pada masa perundagian telah menghasilkan benda-benda logam  sebagi berikut:
  1. Nekara Perunggu,yaitu genderang perunggu dengan membran satu.Alat ini berfungsi sebagai sarana upacara seperti upacara memanggil roh leluhur dan memanggil hujan.Nekara juga di gunakan sebagai simbol status sosial.
    Nekara Perunggu
  2. Moko,merupakan nekara tipe pejeng dengan bentuk dasar lonjong seperti genderang dalam berbagai ukuran.Secara spesifik,moko berbentuk drum dengan diameter 40-60 cm dan tinggi 80-100 cm,memiliki empat daun telinga yang berfungsi sebagai pegangan.Alat ini di gunakan sebagai perlengkapan upacara dan tari-tarian adat.Moko juga di gunakan sebagai alat tukar,mas kawin pernikahan,dan simbol status sosial.
    Moko
  3. Kapak Corong,memiliki bentuk mirip dengan sepatu karena bercorong.Kapak corong di gunakan untuk memotong kayu.
    Kapak Corong
  4. Kapak Perunggu,memiliki bentuk beraneka ragam seperti pahat,jantung,atau tembilang.Motif kapak perunggu berpola geometris.Kapak perunggu berfungsi sebagai perlengkapan upacara,benda pusaka,dan perkakas untuk bekerja.
    Kapak Perunggu
  5. Arca Perunggu,pada umumnya berbentuk manusia dan binatang.
  6. Bejana Perunggu,berbentuk seperti kepis(wadah ikan para pemancing),dengan pola hias pilin berganda di sisi luar.
  7. Perhiasan dan Manik-manik,ada yang terbuat dari perunggu,emas,dan besi.Perhiasan ini ini biasanya berupa gelang tangan,gelang kaki,anting-anting,kalung,bandul,dan cincin.
  8. Senjata,sebagian besar berwujud tombak dan pisau atau belati.

Sistem Kepercayaan

Sahabat Suka_Sejarah,Kalian pasti penasaran kan dengan kepercayaan mereka,  Kepercayaan yang di anut masyarakat pada masa perundagian masih berwujud Animisme dan Dinamisme.
Punden Berundak

Pada masa perundagian kepercayaan Animisme dan Dinamisme mencapai puncak kejayaannya.Pada masa ini berkembang kepercayaan bahwa roh nenek moyang mempengaruhi perjalanan hidup manusia dan masyarakatnya.Oleh karena itu,roh nenek moyang harus selalu di perhatikan dan di hormati dengan berbagai upacara.

Demikian Artikel tentang manusia pada masa perundagian Sahabat Suka_Sejarah,semoga bermanfaat terima kasih.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Reformasi Gereja

Peradaban Mesopotamia

PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA