Pemberontakan APRA

Sahabat Suka_Sejarah,Kalian pasti sering mendengar dan membaca tentang Pemberontakan APRA.Apa itu APRA dan bagaimana terjadinya akan kita pelajari dalam tulisan ini.
Pemberontakan APRA


APRA merupakan akronim dari Angkatan Perang Ratu Adil yang di bentuk oleh kapten Raymond Westerling pada tahun 1949.Lalu Apa itu APRA? APRA adalah milisi bersenjata yang anggotanya terutama berasal dari tentara Belanda:KNIL,yang tidak setuju terhadap pembentukan Angkatan Perang Republik Indonesia Serikat(APRIS) di Jawa Barat,yang saat itu masih berbentuk negara bagian Pasundan.
Raymond Westerling



Basis pasukan APRIS di Jawa Barat adalah Divisi Siliwangi.Terus apa sih yang menjadi tujuan APRA Sahabat Suka_Sejarah? APRA ingin agar keberadaan negara Pasundan di pertahankan sekaligus menjadikan mereka sebagai tentara negara Federaldi Jawa Barat.Karena itu,pada Bulan Januari 1950 Westerling mengultimatum pemerintah RIS.Ultimatum ini segera di jawab perdana menteri Hatta dengan memerintahkan penangkapan terhadap Westerling.
Warna hijau negara Pasundan


APRA malah bergerak menyerbu kota Bandung secara mendadak dan melakukan tindakan teror.Puluhan anggota APRIS gugur.Diketahui pula kemudian kalau APRA bermaksud menyerang Jakarta dan ingin membunuh antara lain menteri pertahanan Sultan Hamengku Buwono IX dan kepala APRIS kolonel T.B Simatupang.Namun semua itu akhirnya dapat di gagalkan oleh pemerintah.Westerling kemudian melarikan diri ke Belanda.

Comments

Popular posts from this blog

Reformasi Gereja

Peradaban Mesopotamia

PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA