Peradaban India Kuno (2800-185 SM)

India merupakan pusat peradaban kuno yang terletak di Asia selatan.Peradaban India sudah ada sejak tahun 2800 SM.Peradaban India terus berkembang hingga menghasilkan kebudayaan hinduisme yang berpengaruh sampai di Indonesia.Jejak kehidupan masyarakat awal India dapat di temukan di sekitar sungai Indus dan Gangga.
Sungai Indus

Kondisi Lingkungan

Secara geografis India hampir terisolasi dari dunia luar.Bagian utara wilayah India berbatasan dengan pegunungan Himalaya dan Hindu Kush.Adapun di bagian selatan,India berbatasan dengan Samudra Hindia.Kondis geografis tersebut menggambarkan seakan-akan India merupakan anak benua Asia.
Wilayah India kuno terbagi menjadi dua bagian,yaitu India utara dan India selatan yang di pisahkan pegnungan Windya. India utara merupakan daerah yang subur karena di aliri sungai Indus,Gangga,Yamuna,dan Brahmaputra.Sebaliknya,India selatan merupakan daerah yang tandus dan kering.
Wilayah Peradaban India Kuno

Diantara pegunungan Himalaya dan Hindu Kush terdapat celah Kaiber(Khyber Pass).Celah ini merupakan jalan masuk bagi bangsa-bangsa pendatang yang bermigrasi dan menetaap di India.Bangsa-bangsa pendatang tersebut membentuk permukiman di sekitar lembah sungai Indus dan Gangga.Di tempat inilah mereka kemudian mengembangkan peradaban India yang merupakan aklturasi antara kebudayaan Asing dan Lokal.
khyber Pass(celah kaiber)

Kehidupan Pemerintahan dan Hukum

Peradaban pertama yang berkembang di India adalah peradaban di sekitar lembah sungai Indus.Wilayah itu saat ini berada di Pakistan.Pada tahun 2500SM bangsa Dravida telah mengembangkan peradaban di lembah sungai Indus.Mereka membangun kota Mohenjodaro dan Harappa.Akan tetapi pada tahun 1700SM peradaban bangsa Dravida mengalami keruntuhan akibat serbuan bangsa Arya.
Bangsa Arya merupakan bangsa nomaden yang berasal dari wilayah Rusia bagian selatan.Mereka masuk wilayah India melalui Celah Kaiber di pegunungan Hindu Kush.Bangsa Arya kemudian mendiami lembah sungai Indus dan Gangga.Keberadaan Bangsa Arya di kedua sungai tersebut mendorong berdirinya beberapa kerajaan,seperti: Magadha,Maurya,dan Gupta.

Kehiduan Ekonomi

Lembah sungai Indus dan Gangga merupakan suatu wilayah yang subur dan cocok untuk kegiatan pertanian.Kegiatan pertanian menghasilkan padi, gandum,kapas,dan buah-buahan.Hasil pertanian dan kerajinan tersebut di perdagangkan ke negara-negara lain.Bangsa India kuno sudah berdagang dengan bangsa Sumeria dan Persia.Mereka mengekspor gandum dan kapas ke kawasan teluk persia.selain itu mereka mengimpor batu bara dari Baluchistan,perak dari Afganistan,dan Timah dari Rajastan.Masyarakat di sekitar lembah sungai Indus juga banyak yang berprofesi sebagai perajin gerabah.Mereka sudah menggunakan teknologi roda pemutar untuk membuat gerabah.

Kehidupan Sosial Budaya dan Kepercayaan

Kebudayaan India berkaitan erat dengan hinduisme,yaitu pandangan hidup berdasarkan ajaran agama Hindu.Hinduisme merupakan perpaduan antara kebudayaan bangsa Arya dan Dravida yang berkembang pada tahun 1500-1000 SM di lembah sungai Gangga.Oleh karena itu,daerah lembah sungai Gangga di sebut Hindustan(tanah milik orang Hindu) sekaligus menjadi negeri bangsa Arya (Aryavarta).

Pencapaian Ilmu dan Teknologi

Gambar Pemandian Umun di Mohenjodaro

Bangsa Dravida di sungai Indus berhasil membangun kota Mohenjodaro dan Harappa,kedua kota tersebut merupakan kota besar dengan tata kota yang teratur.Kota Mohenjodaro dan Harappa ditata menurut sistem blok denngan jalan yang lurus dan lebar.Setiap kota di kelilingi tembok yang di bangun dari batu bata.Kota Mohenjodaro dilengkapi dengan gedung pemerintahan,pasar,toko,gudang makanan,pemendian umum,rumah,dan kuil.
Kuil di Mohenjodaro

Setiap rumah memiliki halaman,sumur,dan kamar mandi sendiri.Kota Mohenjodaro juga dilengkapi dengan saluran sanitasi atau pembuangan limbah yang telah maju.Bangsa Dravida membangun saluran pembuangan tertutup dan instalasi limbah sampah yang di alirkan ke selokan besar di bawah jalan raya.

Drainase di Mohenjodaro

Pemerintahan dan Hukum

Peradaban pertama yang berkembang di India adalah peradaban di sekitar lembah sungai Indus,saat ini wilayah tersebut berada di wilayah Pakistan.Pada tahun 2500 SM bangsa Dravida telah mengembangkan peradaban di lembah sungai Indus,mereka membangun kota Mohenjodaro dan Harappa.Tetapi pada tahun 1700 SM peradaban bangsa Dravida mengalami keruntuhan akibat serbuan bangsa Arya.
Gambar Bangsa Arya

Bangsa Arya merupakan bangsa nomaden yang berasal dari wilayah rusia bagian selatan,mereka masuk di wilayah India melalui Celah Kaiber di pegunungan Hindukush.Bangsa Arya kemudian mendiami Sungai Gangga dan Indus.Keberadaan bangsa Arya di kedua sungsi tersebut mendorong berdirinya beberapa kerajaan seperti Magadha,Maurya,dan Gupta. 

Pengaruh Peradaban India

Beberpa aspek kebudayaan India yang di adopsi oleh masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut:
Candi Prambanan

  1. Agama Hindu dan Agama Budha
  2. Kitab Ramayana dan Mahabarata
  3. Huruf Pallawa dan Bahasa Sanskerta
  4. Bangunan Candi
  5. Sistem Pemerintahan dan struktur masyarakat

Comments

Popular posts from this blog

Reformasi Gereja

Peradaban Mesopotamia

PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA