REVOLUSI CINA

Peradaban Cina merupakan salah satu pusat peradaban tertua di dunia.Sejarah Cina yang panjang juga memungkinkan berkembangnya kebudayaan Cina ke berbagai wilayah di seluruh dunia.Cina merupakan negara yang memiliki wilayah paling luasdi Asia.Selama berabad-abad Cina di kuasai pemerintahan Dinasti,yang terakhir yang menguasai Cina adalah Dinasti Ching.Pada masa Dinasti Ching muncul pemberontakan yang berujung pada terjadinya revolusi.

Gambar Perang Candu (1839-1860)

PEMIKIRAN-PEMIKIRAN YANG MELATARBELAKANGI REVOLUSI CINA

Secara umum,latar belakang Revolusi Cina adalah adanya ketidakpuasan rakyat Cina terhadap kekuasaan Dinasti Ching yang dianggaplemah,terutama dalam menghadapi pengaruh barat.Perkembangan pengaruh Barat di Cina menyebabkan munculnya gerakan rakyat yang menganggap Dinasti Ching bekerjasama dengan imperialisme Barat.Secara Khusus latar belakang Revolusi Cina dapat dijelaskan sebagai berikut:
  1. Dominasi Inggris,Inggris merupakan bangsa Barat pertama yang membuka jalan bagi masuknya penjajah Barat di Cina.Pintu masuk yang digunakan Inggris untuk menanamkan pengaruh di Cina adalah melalui perdagangan candu.Sejak 1800 Inggris menyelundupkan candu ke Cina.Sejak saat itu perdagangan candu merajalela di Cina,rakyat menjadi korban sedangkan Inggris memperoleh keuntungan yang sangat besar.
    Gambar.Rakyat Cina korban candu
  2. Terjadinya Pemberontakan,Munculnya pemberontakan dalam negeri Cina yang turut memicu terjadinya revolusi karena muncul anggapan bahwa Dinasti Ching lemah terhadap bangsa asing.
    Gambar.dominasi Inggris di Cina
  3. Modernisasi Cina,pada tahun 1861 Dinasti Ching memulai gerakan modernisasi dengan mempelajari dan mencontoh kemajuan negara-negara Eropa di berbagai bidang seperti;kemiliteran,komunikasi,perkapalan,perkeretaapian,produksi dan pendidikan.
  4. Invasi Jepang,Pada tahun 1894-1895 Cina terlibat perang dengan Jepang,yang berakhir dengan kekalahan Cina.Akibatnya Cina harus menyerahkan pulau Formosa(Taiwan)kepada Jepang.
  5. Berkembangnya Paham-Paham Baru,Kedatangan bangsa asing menyebabkan masuknya paham-paham Barat ke Cina.Kondisi ini mendorong munculnya kaum terpelajar.mereka memikirkan cara untuk bangkit menyelamatkan negerinya.Tokoh nasionalis Cina yang menonjol adalah Sun Yat Sen(1866-1925).

Comments

Popular posts from this blog

Reformasi Gereja

Peradaban Mesopotamia

PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA