LATAR BELAKANG REVOLUSI AMERIKA

Amerika Serikat merupakan salah satu negara adidaya di dunia.Perkembangan Amerika Serikat menjadi negara adidaya tidak terlepas dari Revolusi Amerika yang terjadi pada abad XVIII.Dominasi Amerika Serikat dalam peta politik dunia menunjukkkan bahwa Amerika memiliki pengaruh besar terhadap negara-negara lain di dunia.

The Boston Tea Party

PEMIKIRAN-PEMIKIRAN YANG MELATARBELAKANGI REVOLUSI AMERIKA
Secara umum,latar belakang terjadinya perang kemerdekaan Amerika Serikat sebagai berikut:
  1. Berkembangnya Paham Kebebasan Dalam Bidang Politik,kaum kolonis menganggap bahwa koloni merupakan satuan pemerintahan sendiri dalam imperium Inggris.Akan tetapi,pemerintah Inggris menganggap koloni-koloni di Amerika belum mampu berdiri sendiri.Oleh karena itu,undang-undang koloni dan penetapan pajak bagi koloni di tetapkan oleh parlemen Inggris.
  2. Penetapan Pajak Yang Tinggi,Adanya penetapan pajak yang tinggi yang di tetapkan dalam Revenue Act dan Billeting Act pada tahun 1764.Penetapan pajak yang tinggi semakin menambah penderitaan rakyat Amerika.Pajak yang di tetapkan pemerintah Inggris antara lain Sugar Act (Undang-Undang Gula),Curency Act (Undang-undang keuangan),dan Stamp Act (undang-undang prangko).
  3. Peristiwa The Boston Tea Party Tahun 1773,The Boston Tea Party merupakan peristiwa pembongkaran teh pada tiga kapal milik Inggris yang berlabuh di pelabuhan Boston.Penduduk kota Boston membuang peti-peti teh tersebut ke laut.Mereka melakukan ini sebagai wujud protes terhadap peraturan pemerintah Inggris berkaitan dengan pemberlakuan pajak di Amerika.


Comments

Popular posts from this blog

Reformasi Gereja

Peradaban Mesopotamia

PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA