PERADABAN SUKU MAYA

Secara geografis benua Amerika terdiri atas tiga wilayah yaitu Amerika Utara,Amerika Tengah,dan Amerika Selatan.dari ketiga wilayah tersebut,wilayah Amerika Tengah dan Amerika Selatan memiliki peradaban yang maju sebelum bangsa Eropa memasuki wilayah tersebut.Bangsa Maya merupakan salah satu bangsa yang mengembangkan peradaban kuno di Amerika,dibawah ini merupakan salah satu contoh hasil budaya bangsa Maya(Piramida Castillo).

PERADABAN MAYA
Bangsa Maya telah ada sejak tahun 2000 SM.Mereka merupakan suku Indian yang menempati daerah yang saat ini menjadi Meksiko Selatan dan Guatemala.setiap kota yang di kembangkan bangsa Maya memiliki karakter dan gaya seni khas.Kota-kota tersebut memiliki piramida kuil,istana berbenteng ,pasar,bengkel kerja dan tempat tinggal.
a.Kondisi Lingkungan
peradaban Maya berkembang di wilayah Guatemala dan semenanjung Yukatan.Kedua wilayah tersebut terletak di sebelah tenggara Meksiko.Guatemala merupakan merupakan wilayah pegunungan yang beriklim tropis.wilayah ini hanya memiliki dataran rendah di pesisir selatan yang berbatasan dengan Samudra Pasifik dan pesisir utara yang berada di tepi samudra Atlantik.
Sementara itu,sebagian wilayah semenanjung Yukatan berupa dataran rendah yang di dominasi oleh batuan kapur.wilayah ini di kenal memiliki hotan tropis yang lebat.
b.Kehidupan Pemerintahan dan Hukum
Pada awal Masehi peradaban bangsa Maya mendapat banyak pengaruh dari kebudayaan Teotihuakan  di Meksiko bagian tengah.Dari peradaban Teotihuakan bangsa Maya mengenal konsep pemerintahan negara kota yang mirip dengan peradaban Mesopotamia dan Yunani kuno.Dengan demikian ,setiap kota yang di bangun bangsa Maya memiliki status sebagai negara yang Merdeka.
Untukmenjaga ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat,bangsa Maya membuat undang-undang yang sangat ketat dan adil.Sistem hukum di jalankan secara kaku tanpa membedakan status sosial.Setiap orang dapat di hukum apabila melakukan kesalahan.
c.Kehidupan Ekonomi
Sebagian besar masyarakat Maya hidup dari sektor agraris.Mereka hidup dengan mengembangkan sistem pertanian ladang yang di lakukan dengan tebas bakar.Tanaman yang di budidayakan yaitu jagung,kacang,buncis,dan buah-buahan.
d.Sistem Sosial Budaya dan Kepercayaan
Dalam bidang kepercayaan,bangsa Maya menganut Politheisme.Mereka menyembah banyak dewa alam seperti dewa matahari,dewa bulan,dewa hujan ,dan dewa kesuburan.Bangsa Maya juga sering mengadakan pemujaan terhadap dewa-dewa tersebut dengan memberi sesajen berupa padi-padian dan buah-buahan.
e.Pencapaian Ilmu dan Teknologi
Bangsa Maya merupakan arsitek yang terampil.Mereka membangun banyak kota besar seperti Tikal,Palenque,Yaxchilan,dan Copan.Kota-kota ini memiliki tata kota yang teratur karena di rancang dengan cermat.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Reformasi Gereja

Peradaban Mesopotamia

PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA