Peradaban Cina

Cina merupakan salah satu bangsa di Asia yang menjadi pusat peradaban kuno.Pada zaman kuno Cina di kenal sebagai Chung-Kuo(negara tengah).Wilayah Cina memiliki dua sungai besar,yaitu sungai Hwang Ho yang mengalir di Cina Utara,dan sungai Yang Tse mengalir di Cina Tengah.Peradaban Cina berkembang sekitar tahun 2700 SM.
KONDISI LINGKUNGAN
Secara umun,wilayah Cina terbagi atas tiga Bagian,yaitu Cina Utara,Cina Tengah,dan Cina Selatan.Di Cina Utara mengalir sungai sungai Hwang Ho(sungai kuning) yang mengandung banyak lumpur saat musim hijan.Kondisi ini menyebabkan lembah sungai Hwang Ho menjadi subur dan cocok untuk pertanian.
Sungai Hwang ho

PEMERINTAHAN DAN HUKUM
Pemerintahan di Cina berbentuk Dinasti (Hsia,Shang,Chin dan Han).Kaisar-kaisar di Cina pada masa Dinasti Shang memerintah Cina sebagai Raja Imam(Priest king).Pada masa ini bangsa Cina mulai mengembangkan tulisan bergambar.Seluruh aspek kehidupan masyarakat di bawah kontrol pemerintah pusat.
Pada masa Kaisar Shih Huang Ti di buat berbagai Undang-Undang dan standarisasi Tulisan Cina, pada masanya pula di buat Tembok Besar Cina. 
KEHIDUPAN EKONOMI
Perekonomian Cina kuno menitik beratkan pada sektor pertanian yang berada di lembah sungai Hwang Ho dan Yang Tse.Pertanian di kedua sungai tersebut menghasilkan Padi,Gandum,Kedelai,Sayuran dan Buah-buahan.
KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA DAN KEPERCAYAAN
Secara sosial masyarakat Cina kuno hidup dalam sistem feodalisme.Rakyat bekerja dalam kelompok secara berjenjang keatas.Dalam hal ini Kaisar memiliki kekuasaan mutlak terhadap rakyatnya.
Dalam bidang kepercayaan masyarakat Cina sangat menghormati dan memuja leluhur mereka.Bangsa Cina juga percaya kepada Dewa-dewa alam seperti Dewa langit,bumi,dan gunung.
PENCAPAIAN ILMU DAN TEKNOLOGI
Bangsa Cina memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi.Sejak masa Dinasti Shang(1523-1027SM) bangsa Cina sudah mengenal tulisan yang berbentuk gambar(piktogram).Selain itu bangsa Cina ahli dalam membuat gerabah,porselin,kain sutra,kertas,dan benda-benda perunggu.
PENGARUH PERADABAN CINA
Beberapa hasil kebudayan Cina kuno yang masih di gunakan oleh manusia hingga saat ini adalah sebagai berikut:
  1. Aksara Cina(Hanzi),yang di adopsi oleh Jepang(kanji),korea(Hanja),dan Vietnam(Han Tu)
  2. Kertas,bangsa Cina merupakan penemu kertas
  3. Kain Sutra,bangsa Cina Juga merupakan bangsa penemu kain Sutra
  4. Filsafat Cina
  5. Kitab seni Perang Sun Tzu
  6. Bubuk Mesiu  



Comments

Popular posts from this blog

Reformasi Gereja

Peradaban Mesopotamia

PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA